20 Mei 2024

22 April 2024
Pusat Informasi Akademik
Seminar dan Pengesahan Proposal
1.  Mahasiswa yang proposalnya telah mendapatkan persetujuan dari kedua pembimbing dapat mendaftarkan proposalnya pada menu pendaftaran di laman siska.primakara.ac.id dan mengirimkan ke email akademik@primakara.ac.id sebelum batas akhir pendaftaran yang telah ditentukan dengan mengunggah dokumen sebagai berikut:
a. Bukti persetujuan (ACC) mengikuti seminar proposal dari pembimbing 1 dan pembimbing 2.
b. Kartu bimbingan dari pembimbing 1 dan pembimbing 2.
c. File proposal skripsi sesuai dengan ketentuan penulisan dalam format PDF.
d. Bukti plagiarism checking dari LPPM STMIK Primakara, dengan maksimal
toleransi similarities 20%.
e. Foto diri dalam format JPG untuk digunakan dalam poster seminar proposal.
f. Tata cara ujian:
1. Untuk ujian luring, setelah pendaftaran proposal diterima oleh komisi
Skripsi dan Tugas Akhir maka komisi akan mengirimkan mahasiswa
menyerahkan proposal skripsi yang dicetak pada ukuran kertas A5 dan
dijilid dengan kertas mika putih dalam satu map biru kepada masing-
masing penguji paling lambat 3 hari sebelum jadwal ujian. Jika proposal
skripsi belum sampai ke penguji pada batas waktu tersebut, maka
mahasiswa dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian pada periode
tersebut dan mengulang pada periode selanjutnya. Penyerahan berkas
dilengkapi dengan map warna biru yang berisi identitas mahasiswa
(Nama, NIM dan Prodi), tanggal ujian, ruang ujian dan waktu
pelaksanaan ujian.
2. Untuk ujian daring diperuntukan jika tidak tersedia ruangan ujian
dan/atau dosen sedang tugas di luar kota. Untuk teknisnya mahasiswa
menghubungi dosen penguji dan memberikan hardcopy (dengan map
warna Biru) dan softcopy proposal skripsi minimal H-3 sebelum ujian
dan menyimpan jadwal seminar/sidang yang diberikan Komisi Skripsi &
Tugas Akhir pada Google Calendar dengan membuat Event, dengan
rincian sebagai berikut: "Seminar Proposal-Nama Peserta" dengan
mengundang dosen pembimbing, dosen penguji dan komisi
(akademik@primakara.ac.id) dan melampirkan file proposal skripsi
(PDF). Kemudian menyiapkan teknis pelaksanaan seminar proposal
dengan menyiapkan link untuk ujian sinkron (tatap maya) dengan
menggunakan platform Google Hangouts/Google Meet Mahasiswa juga
wajib membuat poster dan share kegiatan tersebut ke mahasiswa
Universitas Primakara lainnya. Untuk template poster akan disiapkan
oleh komisi.
2. Jadwal Ujian Seminar Proposal Skripsi berikutnya akan ditetapkan dan diumumkan oleh Komisi Skripsi & Tugas Akhir melalui sistem informasi dan instant messaging group dan/atau melalui media lainnya yang telah ditetapkan di kampus.
3. Mahasiswa dalam melaksanakan Ujian Seminar Proposal Skripsi harus menyiapkan hal-hal berikut:
a. Kode etik dan penampilan :
1. Kemeja lengan panjang berwarna putih.
2. Rok/celana panjang kain berwarna hitam.
3. Tata rambut rapi.
4. Sepatu pantofel
5. Mengenakan jas almamater.
b. Bahan/Presentasi seminar proposal Skripsi.
c. 1 orang notulensi dan minimal 10 orang peserta
d. Kelengkapan lainnya: alat tulis dan buku catatan
e. Tidak perlu menyediakan konsumsi
4. Proses seminar proposal terbuka untuk umum dan dapat disaksikan setidaknya oleh 10 orang penonton (disarankan adik tingkat yang akan menempuh proposal). Apabila seminar dihadiri kurang dari 10 orang maka nilai akhir akan dikurangi 5 poin.
5. Berita Acara Seminar Proposal dan Form Penilaian diisi Dewan Penguji (Pembimbing 1, Pembimbing 2, dan Penguji) pada laman siska.primakara.ac.id.
6. Dengan mempertimbangkan semua kritik dan masukan dari dosen penguji dan dosen pembimbing memberikan penetapan pada proposal Skripsi, yaitu: (1) proposal diterima sepenuhnya, (2) proposal diterima dengan revisi (3) proposal ditolak pada Berita Acara Seminar Proposal Skripsi.
7. Setelah penetapan, proposal mahasiswa yang dinyatakan diterima dilanjutkan dengan revisi (jika ada) sesuai dengan yang tertera pada berita acara. Dewan
8. Penguji menyampaikan hal-hal yang wajib direvisi mahasiswa pada akhir pelaksanaan ujian.
9. Mahasiswa yang proposalnya ditolak, maka dapat mengajukan proposal dengan tema/topik yang baru pada periode berikutnya.
10. Setelah melewati seminar proposal, mahasiswa wajib melakukan revisi proposal skripsi maksimal 2 minggu setelah ujian. Apabila mahasiswa terlambat dalam pengumpulan revisi dengan keterangan yang tidak jelas, maka nilai Akhir akan dikurangi sebanyak 5 poin.
11. Adapun mekanisme dalam meminta tanda tangan revisi seminar proposal dimulai dari Dosen Penguji kemudian dilanjutkan dengan Dosen Pembimbing (untuk Dosen Pembimbing urutanya bebas)
12. Dewan Penguji wajib menginputkan status revisi proposal pada laman siska.primakara.ac.id.
13. Mahasiswa yang lulus seminar proposal (Minimal dengan nilai B-) wajib mengumpulkan revisi proposal lengkap dengan scan lembar pengesahan dari Dewan Penguji (Pembimbing 1, Pembimbing 2, Penguji) ke Komisi Skripsi dan Tugas Akhir melalui laman siska.primakara.ac.id.
14. Pada bagian lampiran skripsi memuat mengenai: scan lembar revisi seminar proposal skripsi, dan scan kartu bimbingan proposal skripsi. 14. Untuk tandatangan pada halaman pengesahan, dan halaman dewan penguji wajib menggunakan tanda tangan basah (tidak berupa tanda tangan scan).
15 Berikutnya dilanjutkan dengan pembimbingan Skripsi dengan mengambil Mata Kuliah Skripsi.